Syarat menikah

18 Syarat Menikah Terbaru di KUA 2019 Yang Harus Disiapkan

Ketika sudah menemukan pasangan yang tepat, kini saatnya mengurus syarat menikah di KUA untuk menghalalkanya. Bagaimanapun pasangan baru sah di mata hukum dan masyarakat setelah melangsungkan pernikahan. Nah untuk mengurus pernikahan di KUA itu tidak susah, yang panting kamu siapkan berkas di bawah ini.

Syarat Menikah di KUA

1. Surat Pengantar RT RW

Surat ini didapat dari RT-RW kedua mempelai. Jadi calon istri meminta surat pengantar dari RT-RW sesuai dengan KTP dimana ia tinggal. Begitu juga calon suami, juga meminta surat pengantar dari RT-WT setempat.

Surat ini digunakan untuk mengurus surat Model N1, Model N2, Model N3 dan Model N4, Model N5, Model N6 dan Model N7 dari kelurahan masing-masing calon. Kalau kamu dan pasangan kamu dari kelurahan yang sama, tentu cukup datang ke satu kelurahan saja.

2. Foto Copi KTP, KK dan Akta Kelahiran

Kamu dan calon pasangan kamu sebaiknya foto copi KTP, KK dan Akta Kelahiran terlebih dahulu. Berkas ini akan kamu gunakan sebagai lampiran dalam mengurus Model N1, Model N2, Model N3 dan Model N4 dari kelurahan.

3. Keterangan Imunisasi TT

Syarat Menikah Keterangan Imunisasi TT

Bagi calon mempelai wanita, datangi puskesmas atau rumah sakit setempat. Mintalah imunisasi TT. Imunisasi ini disebut pula suntik catin. Biaya imunisasi TT tidak mahal, biasanya kurang dari 15 ribu rupiah. Surat ini nantinya akan digunakan untuk syarat daftar menikah di KUA.

4. Siapkan Pas Foto

Selanjutnya datanglah ke studio foto lalu siapkan foto untuk mengurus berkas pernikahan di KUA. Untuk pihak calon suami siapkan Pas foto 3×4 sebanyak 2 lembar bila calon istri berasal dari kelurahan yang berbeda. Bila dari kelurahan yang sama, siapkan 5 lembar pas foto berukuran 2×3. Untuk calon istri, siapkan juga sebanyak 5 lembar pas foto berukuran 2×3.

Jangan lupa buat pula pas foto foto 4×6 berlatar biru dimana calon pengantin duduk berdampingan enam lembar. Semua pas foto menggunakan latar berwarna biru. Untuk lebih mudahnya, silakan datang ke studio foto lalu bilang bahwa kamu ingin foto untuk keperluan nikah. Biasanya pihak studio sudah tahu ukuran dan jumlahnya.

5. Surat Ketarangan Untuk Nikah (Model N1)

Contoh Surat Keterangan Untuk Nikah (Model N1)

Surat keterangan untuk nikah atau Model N1 menjadi syarat menikah di KUA yang bisa kamu dapatkan di Kelurahan setempat sesuai dengan tempat dimana kamu tinggal. Surat ini dibutuhkan untuk kedua calon mempelai. Jadi masing-masing harus memiliki surat Model N1. Syarat mendapatkan Surat Keterangan Untuk Nikah adalah adalah surat pengantar dari RT-RW.

Surat Keterangan Untuk Nikah adalah surat yang berisi soal data diri kamu yang hendak menikah. Apakah kamu berstatus sebagai lajang atau berstatus sebagai duda/janda. Berikut contoh surat Model N1.

6. Surat Keterangan Asal-Usul (Model N2)

Contoh Surat Keterangan Asal Usul (Model N2)

Surat Keterangan Asal Usul atau Model N2 bisa kamu dapatkan di Kelurahan setempat sesuai dengan tempat dimana kamu tinggal. Surat ini dibutuhkan untuk kedua calon mempelai.

Syarat mendapatkan Surat Keterangan Asal Usul adalah adalah surat pengantar dari RT-RW. Surat ini bisa kamu urus bersama dengan Model N1.

Surat Keterangan Asal Usul berisi soal siapa ayah dan ibu kamu. Jadi sebenarnya surat ini hampir mirip seperti KK. Untuk lebih jelasnya, berikut contoh Keterangan Asal Usul.

7. Surat Persetujuan Mempelai (Model N3)

Contoh Surat Persetujuan Mempelai (Model N3)

Surat Persetujuan Mempelai atau Model N3 adalah syarat menikah di KUA terbaru yang bisa kamu dapatkan di Kelurahan setempat sesuai dengan tempat dimana kamu tinggal.

Surat ini dibutuhkan untuk kedua calon mempelai. Syarat mendapatkan Surat Persetujuan Mempelai adalah adalah surat pengantar dari RT-RW. Surat ini bisa kamu urus bersama dengan Model N1 dan N2.

Surat Persetujuan Mempelai berisi soal bukti persetujuan kedua mempelai untuk melangsungkan pernikahan. Jadi berisi profil kamu dan pasangan kamu. Untuk lebih jelasnya, berikut contoh Surat Persetujuan Mempelai.

8. Surat Keterangan Tentang Orangtua (Model N4)

Contoh Surat Keterangan Tentang Orang Tua (Model N4)

Surat Keterangan Tentang Orangtua atau Model N4 merupakan surat syarat menikah 2019 dan dari dulu yang bisa kamu dapatkan di Kelurahan setempat. Surat ini dibutuhkan untuk kedua calon mempelai. Syarat mendapatkan Surat Keterangan Tentang Orangtua adalah adalah surat pengantar dari RT-RW. Surat ini bisa kamu urus bersama dengan Model N1, N2, dan N3.

Surat Keterangan Tentang Orangtua berisi soal pernyataan siapa orang tua kamu. Untuk lebih jelasnya, berikut contoh Surat Keterangan Tentang Orangtua.

9. Surat Izin Orangtua (Model N5)

Bagi calon mempelai yang berusia kurang dari 21 tahun, maka harus melengkapinya dengan Surat Izin Orangtua atau Model N5. Surat Izin Orangtua bisa didapat dari kelurahan. Syarat mendapatkan Surat Izin Orangtua adalah surat pengantar dari RT-RW.

10. Surat Kematian Suami/Istri (Model N6)

Contoh Surat Keterangan Kematian Suami-Istri (Model N6)

Bagi janda/duda yang cerai mati (ditinggal mati pasangan sebelumnya) maka harus melampirkan surat keterangan kematian yang ditanda-tangani oleh pihak kelurahan setempat. Surat ini disebut pula Model N6.

11. Surat Pemberitahuan Kehendak Nikah (Model N7)

Contoh Surat Pemberitahuan Kehendak Nikah (Model N7)

Untuk memberitahu bahwa kamu akan melangsungkan pernikahan, maka kamu perlu membuat Surat Pemberitahuan Kehendak Nikah (Model N7) dari kelurahan setempat.

Surat ini berisi soal nama kamu dan calon pasanganmu, lalu juga hari/tanggal dan tempat pelaksanaan akad nikah, sampai dengan mas kawin atau mahar pernikahan kamu. Untuk lebih jelasnya, berikut contoh Surat Pemberitahuan Kehendak Nikah.

12. Akta Cerai Hidup

Akta Cerai

Bagi yang cerai hidup, harus melampirkan Akta Cerai dari PA bagi janda/ duda. Bagi yang perceraianya terjadi sebelum berlakukanya Undang-Undang Nomor 7 tahun 1989 maka cukup melampirkan kutipan buku pendaftaran talak/buku pendaftaran cerai.

13. Dispensasi Pengadilan

Bila usia calon mempelai wanita kurang dari 16 tahun atau calon mempelai pria kurang dari 19 tahun, maka harus melampirkan surat Dispensasi Pengadilan Agama.

14. Surat Kematian Ayah

Khusus untuk pihak perempuan bila ayah sudah meninggal, maka harus melampirkan Surat keterangan Kematian Ayah.

15. Surat Keterangan Wali

Bila wali tidak dari kelurahan tempat dimana akan melangsungkan pernikahan, maka harus melampirkan Surat keterangan Wali.

16. Surat Izin Atasan

Ijin TNI_Polri

Bagi anggota Polri atau TNI yang hendak menikah, maka harus membawa surat izin dari atasan masing-masing.

17. Surat Izin Pengadilan

Bagi yang berkehendak beristri lebih dari seorang, maka syarat menikah harus melampirkan surat izin pengadilan. Untuk mendapatkan izin pengadilan, tentu harus melakukan serangkaian proses terlebih dahulu.

18. Dispensasi Camat bila kurang dari 10 hari

Bila kamu mengurus pernikahan dan pernikahan kamu dilakukan kurang dari 10 hari kerja sejak waktu pendaftaran, maka syarat menikah harus kamu tambah dengan surat dispensasi dari Kelurahan.

Alur Mengurus Syarat Nikah di KUA

Nah biar mempermudah kamu dalam mengurus alur prosesi pernikahan di KUA, maka Kementrian Agama telah menetapkan alurnya. Berikut alur mengurus syarat nikah di KUA:

  1. Pertama-tama datangi ketua RT untuk mengurus surat pengantar ke Kelurahan
  2. Selanjutnya ke Kelurahan untuk mengurus surat pengantar nikah ke KUA
  3. Bila waktu pernikahan kurang dari 10 hari sejak waktu pendaftaran. mintalah dari Kecamatan.
  4. Bayar biaya akad nikah bila kamu hendak menikah di luar KUA.
  5. Serahkan bukti pembayaran ke KUA.
  6. Datangi KUA tempat dimana kamu akan melangsungkan pernikahan biar diperiksa surat-surat dan data calon pengantin serta wali nikah kamu. Apakah sudah lengkap atau belum.
  7. Baru setelah itu, lakukan akad nikah sesuai dengan tempat dan waktu yang disetujui.

Lalu berapa biaya pernikahan di luar KUA atau di hari libur? Biayanya adalah 600 ribu. Sedang bila kamu menikah di KUA pada hari kerja dan jam kerja, maka biaya nikah gratis alias tidak membayar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *